DATE

S Pink Premium Pointer

Senin, 03 November 2014

MIS (Menangis Itu Sehat)


Seringkali seseorang menangis dan menimbulkan efek mata bengkak dan merah apalagi terkadang hidungnya menjadi merah. Seseorang tentunya akan malu jika orang lain mengetahui  dirinya habis menangis.
Namun, Siapa sangka jika menganing ternyata banyak manfaatnya baik bagi kesehatan tubuh maupun pikiran. Inilah manfaat menangis.

1. Melembabkan mata
Air mata ketika menangis dapat digunakan sebagai pelembab alami yang akan membuat mata kita terhindar dari rasa perih, kering, dan iritasi.Hal ini akan membantu seseorang untuk mencegah kekaburan sehingga penglihatan mata menjadi jelas karena mata tidak kering.

2. Membunuh bakteri
 Subhanallah, ternyata menangis dapat membunuh bakteri. Kenapa?
Karena di dalam air mata terkandung cairan lisozom yang dapat membunuh bakteri sekitar 90 – 95 %. Pada saat kita menangis kuman akan terbunuh dengan sendirinya akibat enzim lysozyme yang terkandung dalam air mata. Enzim lysozyme ini memiliki kemampuan membunuh bakteri lebih bagus dibanding dengan obat tetes mata. Namun jang terlalu sering menangis. Menangislah pada saat tertentu.

3. Meningkatkan semangat dan menurunkan depresi
Orang menangis karena melampiaskan sesuatu hal yang tidak dapat diterima oleh persepsinya. Terkadang menangis adalah upaya seseorang untuk meluapkan emosinya. Dalam hal ini menangis dapat menurunkan tingkat depresi seseorang. Karena beban dalam hatinya sudah keluar dengan upaya menangis walaupun tidak semuanya beban itu keluar dari hidupnya. Selain itu, Air mata yang dihasilkan mengandung 24 % protein albumin yang berperan didalam sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.

4.  Mengurangi stres
Menangis  mengurangi beban psikis yang dimiliki seseorang. Ternyata air mata manusia mengandung 98 % air yang didalamnya terdapat hormon stres. Hormon ini akan mengurangi beban psikis yang menyebabkan stres. Selain menurunkan level stres, air mata juga membantu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi, pusing kepala, pegal linu, hipertensi juga dapat memicu stroke.

Subhanallah betapa agungnya ciptaan Allah SWT. Setiap apa yang ada ditubuh kita mempunyai manfaat. Terutama air mata.
Menangislah jika merasa ada beban yang berat di pikiran.
Menangislah jika itu cara mengurangi stres.
Namun, Jangan sering menangis menangislah pada saat waktu tertentu.
Tersenyumlah jika  ingin lebih sehat.
:)

0 komentar:

Posting Komentar