DATE

S Pink Premium Pointer

Kamis, 13 November 2014

Kebiasaan Penuh Resiko

Sebagai pekerja yang sering melakukan aktivitas terkadang kita menunda nunda buang air kecil (BAK). Namun ternyata itu tidak baik. Karena menunda BAK adalah salah satu penyebab terjadinya infeksi pada saluran perkemihan.

Sistem perkemihan berfungsi dalam proses berkemih. salah satunya adalah kandung kemih.
Kandung kemih yang sehat dapat menjaga keadaan saluran perkemihan dengan mengeluarkan urin secara teratur dan bebas bakteri. 
Terkadang ketika kita menahan berkemih terlalu lama saat dikeluarkan jumlah urinnya jadi sedikit bahkan disertai dengan nyeri dan ngilu. Kondisi ini bisa disebut dengan anyang-anyangan. Anyang-anyangan bisa disebabkan oleh dua hal, karena dehidrasi dan juga karena infeksi saluran kemih akibat bakteri (1). Biasanya disebabkan oleh minum air kurang matang, minum air hangat, setelah minum es kemudian minum air hangat. Bisa disimpulkan dengan keadaan yang sering kita alami Anyang-anyangan merupakan keadaan ingin kencing, tetapi air yang keluar hanya sedikit dan disertai dengan nyeri dan ngilu ketika berkemih..
Bakteri yang menyebabkan infeksi berasal dari rektum atau anus akan berpindah ke uretra. Wanita lebih rentan mengalami infeksi pada saluran perkemihan karena secara anatomis uretra wanita lebih pendek. 
Anyang-anyangen bersifat sementara. Namun ada beberapa cara yang dapat mengatasinya yaitu :
1. Siapkanlah air hangat secukupnya
2. Basuhlah hingga bersih pada bagian alat vital
3. Jika sudah selesai, silahkan anda berbaring/duduk santai  istirahatlah secukupnya.

SUMBER


1.        Eviana E. Bahaya Kebiasaan Menahan Buang Air Kecil [Internet]. 9 Oktober 2014. 2014 [cited 2014 Nov 14]. Available from: http://health.kompas.com/read/2014/10/09/110005923/Bahaya.Kebiasaan.Menahan.Buang.Air.Kecil



0 komentar:

Posting Komentar